Tuesday, June 8, 2010

Uji Coba Terakhir Tim Spanyol Melawan Polandia

Uji Coba Terakhir Tim Spanyol Melawan Polandia
Spanyol v Polandia

MURCIA - Penampilan Spanyol dalam beberapa uji coba terakhir kurang meyakinkan. Padahal, mereka adalah salah satu unggulan juara Piala Dunia 2010. Memang, rekor tak terkalahkan yang diukir sejak Juni tahun lalu belum ternoda. Tapi, penampilan Iker Casillas dkk pantas dipertanyakan saat melawan Arab Saudi dan Korea Selatan pekan lalu. Karena itu, pelatih Spanyol Vicente del Bosque merancang satu uji coba lagi, yakni melawan Polandia, dini hari nanti.

Uji coba yang bakal dihelat di Nueva Condomina, Murcia, itu cukup tricky. Di satu sisi, Spanyol ingin memetik kemenangan demi mempertebal kepercayaan diri sebelum bertolak ke Afrika Selatan (Afsel). Jika mereka bisa menang besar, kekecewaan di dua uji coba sebelumnya bakal tertutupi. Spanyol hanya mampu menang tipis 3-2 atas Arab Saudi (29/5) dan 1-0 atas Korea Selatan (3/6).

Di sisi lain, kekhawatiran akan terpaan cedera memaksa La Furia Roja -sebutan Spanyol- untuk tampil superhati-hati. "Tujuan pemusatan latihan ini, selain untuk menemukan ritme permainan dan mengasah taktik, juga untuk menghindari cedera," kata Juan Mata, winger Spanyol, seperti dilansir Reuters.

"Sudah banyak pemain pilar yang tidak bisa berangkat ke Piala Dunia karena cedera. Saya harap itu tidak akan pernah kami alami," lanjut pencetak gol tunggal ke gawang Korea Selatan pekan lalu tersebut.

Spanyol pantas khawatir. Sebab, mereka sebelumnya terancam kehilangan dua pilar. Yakni, striker Fernando Torres dan gelandang serang Cesc Fabregas. Ketika dua pemain itu sedang dalam proses menuju kesembuhan, giliran bek tengah Gerard Pique yang bikin waswas. Dia mengalami benturan di lutut kanan dalam sesi latihan Minggu (6/6). Tapi, cederanya tidak parah.

"Fakta yang terjadi sangat mengkhawatirkan," ujar defender Joan Capdevilla. "Kami sudah ada di ambang pintu dan harus menjaga kondisi. Kami pasti akan melakukan berbagai tindakan pencegahan. Sebab, tujuan utamanya adalah menjalani Piala Dunia dalam bentuk terbaik," imbuh pemain Villarreal itu.

Sayang, Del Bosque tidak bisa sepenuhnya menurunkan pemain lapis kedua saat Spanyol melawan Polandia. Sebab, komposisi tim utama plus strategi dan taktik yang disiapkan untuk Piala Dunia belum matang. Karena itu, kemungkinan Del Bosque untuk menurunkan formasi inti sejak menit pertama terbuka lebar.

Uji coba tersebut diharapkan menjadi pertandingan pertama buat striker Fernando Torres. Meskipun sudah mengikuti latihan reguler selama sepekan terakhir, dia belum pernah diturunkan dalam satu laga uji coba pun. Kondisi lutut penyerang Liverpool itu semakin baik dan Del Bosque berencana mengetes kesiapannya.

"Saya punya firasat bagus soal Fernando (Torres)," ungkap Del Bosque kepada Soccernet. "Saya berharap agar dia bisa bermain saat kami melawan Polandia. Meskipun sebentar, setidaknya saya bisa mengukur kondisi dia," lanjutnya.

"Kami sebenarnya sudah menyiapkan mental seandainya harus berlaga di Piala Dunia tanpa dia. Tapi, melihat perkembangannya sekarang, saya yakin dia bakal fit," lanjut pelatih pengganti Luis Aragones itu.

Del Bosque juga mengisyaratkan akan kembali menurunkan gelandang serang Arsenal Cesc Fabregas. Pemain yang baru pulih dari cedera retak tulang fibula itu tampil menawan dalam uji coba melawan Korea Selatan. Dia bisa bermain lebih dari 50 menit dan sempat menciptakan beberapa peluang.

"Saya merasa sangat fit, terutama sepanjang babak pertama," tutur Fabregas seperti dilansir Sky Sports. "Saya masih membutuhkan minute play yang lebih banyak untuk bisa kembali ke kondisi seratus persen. Tapi, kami semua optimistis di sini," tandas pemain 22 tahun tersebut

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger